CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Halaman

Minggu, 11 September 2011

URL

URL

URL adalah (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun1991 agar penulis-penulis dokumen dapat merujuk pranala ke World Wide Web (WWW). Sejak1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier(URI).

URL merupakan suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Di dalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web.

Contoh daripada URL:

1) http://www.g-excess.com/

2) http://www.g-excess.com/lyrics

URL terbagi menjadi beberapa bagian atau dikenal dengan istilah http:// domain/path/filename, atau disebut pula metode akses - lokasi komputer - lokasi file. Di antara bagian tersebut adalah:

a. Bagian pertama URL dikenal sebagai protocol atau disebut pula http:// yang merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protokol.

b. Bagian kedua dari URL dikenal sebagai nama domain, domain mewakili nama server yang sedang berhubungan dengan internet.

c. Bagian ketiga dari URL disebut dengan directory path yang merupakan area khusus dimana item-item berada.

d. Bagian keempat dari URL disebut nama file dokumen, ini menentukan file khusus yang sedang diakses. Biasanya adalah sebuah file HTML, tapi mungkin juga gambar, suara atau file lainnya.

Rizka_Maya

0 komentar: